Penggantian paspor habis masa berlaku di Kanim Kelas I Khusus Jakarta Selatan

Sekedar share pengalaman saya melakukan penggantian paspor habis masa berlaku, dan saya pilih untuk melakukan di Kanim I Khusus Jakarta Selatan.

Untuk metoda pendaftaran saya menggunakan layanan online dari www.imigrasi.go.id, jadi proses ini memotong 2 hari input data jika menggunakan permohonan manual. Dan juga saat ini tersedia metode DropBox, tapi entah bagaimana mekanismenya, saya sendiri kurang paham.

Kenapa harus online ? berikut perbedaannya :

  • Online : isi data di web www.imigrasi.go.id (detail caranya akan saya terangkan kemudian), pilih kapan kita datang ke kanim, minimal besoknya.
  • Offline : copy semua kebutuhan data rangkap 2, serahkan di loket penerimaan, lalu kembali lagi 2 hari kerja mendatang
  • Online : datang ke kanim pada tanggal yang ditentukan untuk verifikasi data, foto, dan wawancara, lalu ambil paspor 4 hari lagi
  • Offline : setelah 2 hari dari step diatas datang kembali ke kanim untuk foto dan wawancara,  lalu ambil paspor 4 hari lagi.
  • Online & Offline : setelah 4 hari dari step diatas, saatnya untuk pengambilan paspor.

Terlihat dari data diatas untuk online hanya butuh 2x datang, sedangkan metode offline perlu 3x datang.

Oke selanjutnya bagaimana cara melakukan penggantian paspor habis masa berlaku dengan cara online ? Dan sebetulnya cara ini mirip dengan bikin paspor baru, hanya beda sedikit perbedaan pada waktu wawancara.

 

Pembuatan Pra Permohonan di Web www.imigrasi.go.id

Silakan langsung ke web www.imigrasi.go.id, lalu pilih menu seperti gambar dibawah ini :

Selanjutnya akan muncul menu seperti di bawah ini, dan pilih menu seperti yang saya lingkari :

Lalu selanjutnya tinggal isi data yang sesuai dengan data, ketika klik Lanjut, akan muncul page untuk upload dokumen yang diperlukan.

Setelah itu jika kita klik Lanjut lagi akan muncul pilihan Kanim, dan jika kita telah tentukan pilihan, ada tombok Cek Tanggal di bawahnya. Ketika kita klik tombol tersebut, maka sistem akan melakukan pengecekan, dan memunculkan pilihan tanggal yang avaialabel. Pilih tanggal yang sesuai dengan jadwal Anda (tanggal ini menentukan kapan Anda harus datang ke Kanim), lalu klik Lanjut.

Jika semua OK akan muncul halaman konfirmasi, dan step yang tidak boleh terlewat disini adalah cetak bukti pra permohonan online Anda karena tidak tersedia lagi melainkan dari tampilan ini.

 

Datang ke Kanim (Kanim Kelas I Khusus Jakarta Selatan untuk pengalaman saya)

Oke di tanggal sesuai yang Anda pilih diatas, datanglah ke kantor kanim pilihan Anda, dengan membawa copy dokumen-dokumen masing-masing 1 lembar, serta dokumen aslinya, karena akan dilakukan verifikasi oleh petugas.

Ooh iya serta jangan lupa membawa ballpoint warna hitam, karena dibutuhkan untuk pengisian data, serta berpakaian kemeja, dengan sepatu tertutup. Usahakan juga tidak berpakaian putih, karena background foto warna putih.

Saya sarankan datang sepagi mungkin agar lebih cepat selesai.

Ketika datang di kantor Kanim, langsung naik ke lantai 2, lalu antri di depan mesin tiket antrian, akan ditanya oleh petugas keperluannya apa, sampaikan daftar online, mau setor dokumen. Anda akan diminta menunjukkan bukti yang di print diatas tadi. Di Kanim Kelas I Khusus Jakarta Selatan, nomor antrian yang berlaku adalah :

  • Seri A : Untuk verifikasi data pendaftaran online
  • Seri B : Untuk penyerahan data pendaftaran manual (offline)
  • Seri C : Untuk pembayaran pendaftaran online, serta foto dan wawancara (nomor antrian 2 lembar)
  • Seti D : Untuk pembayaran lainnya.

Untuk daftar online, Anda akan mendapatkan nomor antrian seri A (misal A015), lalu jika belum membeli map kuning resmi dari koprasi, beli map tersebut Rp. 5000 di koprasi, ada di lantai 2 juga pojok dekat loket.

Masukkan semua dokumen yang asli + copy di map tersebut, anda tidak perlu mengisi kertas permohonan lagi, karena sudah anda isi secara online.

Setelah selesai verifikasi, biasanya akan ditanya mau foto sekarang apa tidak ? Jika jawab sekarang anda langsung diarahkan menuju ke kasir, ambir nomor antrian kasir, lalu tunggu antrian. Mohon dicatat nomor antrian kasir ini ada 2 lembar, 1 untuk kasir sendiri, 1 lembar lagi untuk antrian foto & wawancara. Ya keduanya memakai nomor antrian yang sama :)

Setelah proses bayar di kasir selesai, lalu menuju ke antrian foto & wawancara, setelah dipanggil, foto, lalu wawancara.

Setelah selesai akan diberitahu untuk mengambil paspor 3 hari (kerja) lagi, jangan lupa simpan bukti bayar di kasir sebelumnya, karena untuk pengambilan butuh bukti pembayaran tersebut.

Pada waktu pengambilan, akan diminta untuk fotocopy paspor baru, lalu dikembalikan ke petugas.